Pentingnya Virtual Private Server (VPS) untuk Situs Web Besar

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

Download Aplikasi dan Cara Menggunakan

 

VPS atau server pribadi virtual adalah jawaban untuk situs web yang membutuhkan banyak kapasitas dengan banyak kunjungan atau lalu lintas. Jenis server ini merupakan jawaban atas kebutuhan akan “ruang” server yang besar untuk bisnis dan bisnis yang menjalankan bisnis.

Namun, sebelum kita membahas VPS dan mengapa server ini dipilih oleh perusahaan dan perusahaan besar, terlebih dahulu kita harus menjelaskan kelebihan, kelemahan, dan apa itu VPS.

Perusahaan besar membutuhkan lebih dari sekadar sumber daya dan taktik serta strategi pemasaran yang kredibel untuk mengundang lebih banyak orang ke situs web Anda. Ada persyaratan penting lainnya untuk dipertimbangkan: server.

Dalam hal server, ada tiga jenis server dan hosting yang umum digunakan. Pertama shared hosting, lalu dedicated server, dan terakhir virtual private server atau VPS.

Artikel ini berfokus pada betapa pentingnya VPS bagi perusahaan. Deskripsinya adalah sebagai berikut:

Manfaat VPS
Pengertian paling sederhana dan paling mendasar dari jenis server ini adalah server antara server shared hosting dan dedicated server. Dimulai dengan fitur yang fleksibel dan terukur, ekonomis dari segi harga.

Ada beberapa fitur yang menjadi keunggulan shared hosting yang bisa Anda dapatkan dari VPS Anda. Dedicated server juga memiliki beberapa keunggulan, yang juga mereka miliki.

VPS mendapatkan RAM dan ruang disk sendiri. Hal ini memungkinkan kinerja pada server tunggal ini menjadi jauh lebih baik daripada menggunakan shared hosting.

Server ini, di sisi lain, menggunakan kekuatan pemrosesan atau CPU yang sama dengan situs web lain. Hal ini tentu menjadi kekurangan jika website Anda konsisten dan terus mendapatkan trafik yang tinggi.

Namun, meskipun tidak demikian, kecepatan kinerja sangat bergantung pada RAM dan disk server dan tidak menjadi masalah.

Hal ini pada akhirnya membuat VPS paling cocok untuk perusahaan besar yang belum siap menggunakan server khusus, tetapi harus jauh dari shared hosting. Untuk informasi lebih lanjut, intip server SSD dari Dewaweb dan nikmati uji coba gratis selama 30 hari.

Alokasi kapasitas CPU untuk website ini juga tergantung dari masing-masing provider. Beberapa provider memiliki kapasitas yang besar dan beberapa tidak. Kapasitas ini memungkinkan pengguna VPS untuk menginstal software yang mereka butuhkan tentunya.

Detail VPS dan alasan perusahaan besar menggunakan server ini dijelaskan dalam tabel di bawah ini.

Kekurangan menggunakan VPS
Kelemahan menggunakan VPS dibandingkan dengan shared hosting tentu saja harganya yang lebih mahal. Dibandingkan dedicated server, harga VPS tentu lebih murah.

Kapasitas VPS pada akhirnya tergantung pada masing-masing penyedia layanan. Ada beberapa provider yang menawarkan VPS berkapasitas tinggi. Ada juga beberapa provider yang hanya menawarkan kapasitas yang cukup.

Perbedaan kapasitas VPS tersebut dikarenakan VPS atau virtual private service bergantung pada kapasitas CPU server yang dimiliki oleh provider.

Tentu saja, ini berbeda dengan jenis dedicated server di mana semua kapasitas dimiliki oleh satu pengguna dan tersedia untuk Anda.

VPS mengharuskan CPU yang digunakan untuk dibagikan dengan pengguna lain, meskipun mereka sudah memiliki RAM dan kapasitas disk sendiri. Oleh karena itu, setiap provider memiliki kapasitas yang berbeda-beda. Baca artikel tentang cara menginstal webmin di CentOs 6 VPS.

Kelemahan lain dari VPS adalah jenis penyedia layanan. Pasalnya, tidak semua provider memberikan layanan pelanggan kepada pengguna VPS dengan cara yang sama seperti pengguna shared hosting. Namun, beberapa tingkat layanan masih tersedia jika dibandingkan dengan pengguna layanan dedicated server.

Setelah dijelaskan kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis server, khususnya untuk virtual private server. Kali ini, kita akan terus berbicara tentang VPS dan fitur yang mereka tawarkan.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa fitur yang disediakan oleh provider untuk pengguna server jenis VPS ini. Tentu saja, yang utama adalah “ruang” RAM dan disk, yang semuanya merupakan kapasitas satu pengguna. Namun selain itu, ada fitur lain yang menggunakan VPS. Ini adalah keuntungan yang jelas. Fitur ini adalah VPS Burstable.

RAM yang dapat meledak di VPS
Dari sudut pandang pemahaman, memori burstable ini adalah cadangan memori yang dikumpulkan oleh server ketika situs web tidak mendapatkan banyak lalu lintas. Ini akan digunakan nanti ketika cadangan memori ini diperlukan. Sederhananya, memori burstable ini adalah “celengan” memori dalam RAM yang digunakan pada saat tertentu di situs Anda.

Uniknya, proses penyimpanan memori ini sendiri tidak mengganggu kerja normal server.

Memori yang dapat meledak bukanlah fitur biasa. Fitur ini dapat dianggap sebagai RAM cadangan yang dapat digunakan server kapan saja ketika lalu lintas tinggi yang tidak terduga terjadi.

Dengan peningkatan trafik pada titik ini, “penghematan RAM” juga digunakan untuk menutupi kebutuhan RAM yang tidak dapat diperoleh VPS dari kapasitas yang disediakan oleh penyedia. Jadi, tentu saja, hindari “downs” di situs web Anda.

Selain “down”, burstable RAM ini juga berfungsi pada website untuk menghindari “digg effect”. Efek digg tidak diragukan lagi dikenal oleh pemilik situs web. Efek ini biasanya terjadi ketika sebuah situs web “down” karena berbagai alasan, seringkali karena jumlah lalu lintas yang tidak terduga.

Meningkatnya trafik pada website ini membuat sangat sulit bagi server untuk menyediakan ruang bagi semua pengunjung website sekaligus.

Dan, seperti yang diharapkan, jika situs web tidak dapat menyediakan ruang ini, halaman situs web akan menampilkan halaman “digg” dan beberapa situs lain yang tidak dikenal. Ini hanyalah asal usul nama “efek penggalian”. Efek ini sering disebut sebagai “pelukan kematian” atau “pelukan kematian”. Ini karena situs web mati dalam keadaan ini. Temukan informasi tentang cara memilih perusahaan web hosting.

Untuk menghindari efek digg, provider menyediakan fitur burstable memory. Faktanya, fitur ini tidak hanya tersedia di VPS, tetapi juga di server khusus. Selain itu, beberapa penyedia menawarkan fitur ini kepada pengguna shared hosting. Ini sangat jarang.

Layanan VPS dari penyedia
Untuk penyedia layanan VPS ini, layanan dibagi menjadi tiga jenis: unmanaged, semi-managed, dan fully managed. Layanan ini ditawarkan kepada pengguna VPS dan dapat dipilih berdasarkan keinginan mereka. Perbedaan mendasar antara ketiga jenis layanan ini adalah bagaimana penyedia hosting terlibat dalam server.

Jika tidak dikelola, perusahaan hosting menyediakan perangkat keras dan jaringan, dan kemudian pengguna sendiri yang menyediakan pengaturan untuk perangkat lunak, kinerja, dan masalah yang mungkin muncul nanti. Ini adalah pilihan yang dibuat sebagian besar pengguna VPS. Layanan semi-managed hampir sama, tetapi penyedia hosting hanya menawarkan beberapa perangkat lunak.

Selain itu, terkelola sepenuhnya berarti hampir semua fitur, kinerja, perangkat lunak, atau perangkat keras hingga penyedia melakukan semua penginstalan. Lihat tabel di bawah untuk informasi lebih lanjut.

Apakah Perusahaan Membutuhkan VPS?
Jadi, apakah perusahaan Anda membutuhkan VPS? Jawaban atas pertanyaan ini adalah ya. Perusahaan besar perlu menggunakan VPS daripada menggunakan server shared hosting atau dedicated server.

Server bersama memang menyebabkan situs web Anda sering mengalami efek penggalian dan server down. Dalam hal menggunakan server khusus, situs web Anda mungkin tidak mendapatkan lalu lintas tinggi secara konsisten.

Lagi pula, menggunakan server berkapasitas besar hanya membuang-buang uang dan energi. Itu sebabnya server pribadi virtual pada akhirnya harus menjadi unggulan perusahaan besar.

Seperti disebutkan di atas, ada banyak manfaat menggunakan VPS. Dimulai dengan privasi yang lebih terjaga oleh pengguna yang menyediakan hampir semua elemen hosting, mulai dari perangkat lunak hingga berbagai plug-in yang Anda butuhkan.

Hal yang sama berlaku untuk pengguna yang kemudian menangani sebagian besar proses pemrosesan yang digunakan kemudian di hosting. Tentu saja ini berbeda dengan shared hosting yang lebih rentan.

Tentu saja, VPS memiliki beberapa kelemahan tersendiri. Namun untuk perusahaan besar, ada cara untuk mengatasi kekurangan VPS. Sekali lagi tentunya jika dibandingkan dengan dua server hosting lain yang memiliki kekurangan yang sama atau bahkan lebih.

Bagaimana Anda tertarik menggunakan VPS sebagai hosting Anda? Jika Anda tertarik, Anda dapat memesan dan menggunakan layanan server VPS dari Dewaweb.

Check Also

Faktor-Faktor Penting Wajib Untuk Pelajari Dari Hosting

Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap …