Faktor-Faktor Penting Wajib Untuk Pelajari Dari Hosting

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Download Aplikasi Sadap Whatsapp

Seperti rumah, situs web adalah alat utama yang dapat Anda gunakan untuk mencapai tujuan Anda. Namun, untuk membuat website, Anda memerlukan layanan hosting yang mendukung data di website Anda. Pengertian Hosting adalah layanan sewa kapasitas memori untuk menyimpan data di website Anda.

Apakah Anda sedang membuat citra merek, menawarkan katalog dan promosi untuk membangun bisnis Anda, atau mengkurasi pekerjaan Anda, Anda tentu membutuhkan sebuah situs web.

Oleh karena itu, sebuah situs web dapat dianggap sebagai rumah. Saat membangun “rumah”, Anda perlu mencari lingkungan yang “aman”. Untuk mencapai lingkungan yang memenuhi standar, Anda memerlukan “pengembang” yang disebut hosting.

Tentang hosting
Misalkan Anda ingin membangun rumah di atas tanah dengan alamat Jalan Mangga nomor 2. Di rumah itu, ruangan dibagi menjadi dapur, kamar tidur, ruang tamu, dan sebagainya. Ini adalah hosting, domain, situs web, dan subdomain.

Dari contoh di atas, Anda bisa melihat bahwa hosting adalah sebuah “bidang tanah” yang membantu menyimpan data di website Anda. Hosting digunakan untuk menempatkan website alias rumah dengan alamat IP yang sudah diganti dengan nama domain. Pada contoh di atas, itu adalah “Jalan Mangga Nomor 2”. Hosting juga menyimpan informasi tentang “ruangan” di situs web yang disebut “subdomain”.

Jenis hosting
Saat memilih “tanah”, juga dikenal sebagai hosting, untuk membangun situs web Anda, Anda harus memilih jenis hosting dengan bijak sesuai dengan anggaran dan kebutuhan Anda. Setidaknya ada empat jenis hosting yang bisa Anda ketahui, tergantung kebutuhan dan tujuan Anda membuat website.

Hosting bersama
Hosting bersama adalah jenis hosting tradisional yang membagi satu server untuk beberapa pengguna sekaligus, tergantung pada kemampuan server. Keunggulan dari layanan hosting ini adalah sangat terjangkau karena seperti membayar biaya sewa server bekerja sama dengan pengguna lain.

Namun, jika situs web di server yang sama atau situs web pengguna lain memiliki banyak lalu lintas, situs web lain akan mengalami “bottleneck” atau pemuatan halaman yang lambat. Selain itu, jika server crash, penyedia hosting akan memiliki waktu yang tidak pasti sebelum server dapat berfungsi kembali, karena server harus diperbaiki secara manual.

Selama kerusakan ini, situs web yang terhubung ke server akan mengalami downtime hingga server diperbaiki.

Hosting awan
Cloud hosting, yang agak mirip dengan berbagi, juga digunakan oleh banyak pengguna sekaligus. Bedanya di cloud hosting, pengguna tidak hanya mengandalkan satu server saja. Hal ini dikarenakan terdapat beberapa server yang saling terhubung satu sama lain, sehingga jika salah satu server rusak maka server lain akan langsung mengambil alih masa hosting dan down. Waktu yang dihabiskan di situs web berkurang secara signifikan.

Ini adalah keuntungan dari cloud hosting, yang sedikit lebih mahal daripada shared hosting. Cloud hosting adalah pilihan yang baik jika situs web Anda memiliki lalu lintas sedang hingga tinggi. Salah satu layanan cloud hosting murah terbaik yang bisa Anda percaya adalah Dewaweb.

Hosting Server Pribadi Virtual (VPS)
VPS atau virtual private server hosting adalah titik tengah antara cloud hosting dan dedicated server. Hal ini karena pengguna dapat menggunakan server yang memiliki fungsi yang sama dengan dedicated server dengan harga yang sama seperti cloud atau shared hosting. Manfaat lain dari VPS adalah setiap pengguna memiliki akses root ke ruang virtual mereka, yang membuat mereka lebih aman untuk digunakan dengan hosting yang satu ini.

Server khusus
Dedicated server memberi Anda kendali maksimum atas server hosting yang digunakan oleh situs web Anda. Artinya, ia mengontrol semua saluran hosting yang disediakan oleh server. Server khusus adalah pilihan yang baik jika situs web Anda memiliki banyak lalu lintas.

Namun, jika Anda menggunakan dedicated server, pastikan Anda memiliki budget yang jauh lebih tinggi dari ketiga jenis hosting di atas. Selain harga yang tidak sesuai untuk penggunaan pribadi, dedicated server juga membutuhkan ruangan khusus dengan pendingin 24 jam untuk menstabilkan suhu mesin server.

Perlu diingat bahwa memahami jenis-jenis hosting merupakan salah satu faktor penting yang perlu diingat saat mempelajari cara membuat website. Layaknya pengembang rumah, hosting menyediakan ruang untuk membangun “rumah” alias website. Oleh karena itu, Anda juga harus memperhatikan kualitas hosting dengan mengecek kecepatan dan keamanan, serta hasil testimoni pengguna.

Apa yang harus dicari ketika memilih hosting?
Untuk memenuhi persyaratan kualitas “lingkungan” untuk membangun situs web, Anda memerlukan penyedia hosting yang memiliki reputasi untuk produk hosting yang aman dan berkualitas tinggi. Aman dan melindungi data yang Anda simpan dari peretas dan virus berbahaya. Kualitas memiliki banyak keunggulan, seperti kecepatan memuat situs web, layanan 24/7 yang sangat baik, dan pemulihan yang mudah jika data yang Anda simpan tiba-tiba hilang atau terhapus secara tidak sengaja.

Check Also

Apa perbedaan antara hosting, server, dan domain?

  Apapun alasan Anda berbisnis, memulai blog, atau membuat website, Anda perlu mengetahui istilah-istilah yang …