Mana yang lebih dulu: beli asuransi jiwa atau asuransi kesehatan?

Mana yang lebih dulu: beli asuransi jiwa atau asuransi kesehatan?

Mengambil asuransi adalah salah satu dasar penting dari keuangan pribadi. Karena dalam hidup kita selalu dihadapkan pada berbagai resiko hidup yang tidak dapat dihindari. Dimulai dengan penyakit, kecelakaan, kematian, dll. Peristiwa ini sering kali memiliki implikasi finansial yang signifikan. Misalnya, jika Anda sakit, Anda mungkin perlu membayar untuk perawatan dan pengobatan. Tanpa kesiapan keuangan yang memadai, keuangan kita bisa kacau balau. Karena kita harus membayar untuk perawatan, yang bisa sangat melelahkan.

Namun pada kenyataannya, asuransi diperkirakan akan menimbulkan biaya finansial. Asuransi mengalihkan risiko kerugian finansial dari kami kepada perusahaan asuransi. Oleh karena itu, meskipun Anda sakit, perusahaan asuransi akan membayarnya, sehingga Anda tidak perlu khawatir dengan biaya pengobatan. Nah, pertanyaannya, ketika dihadapkan pada jenis asuransi, mana yang harus diprioritaskan antara membeli asuransi jiwa dan membeli asuransi kesehatan.

Baca Juga: Tiga Alasan Orang Tua Memiliki Asuransi Pendidikan Anak Usia Dini Penting

Asuransi diperlukan jika ada risiko

Asuransi pada dasarnya adalah mekanisme manajemen risiko keuangan yang paling sederhana. Segala sesuatu yang menimbulkan risiko terhadap kondisi keuangan seseorang harus diasuransikan. Tidak semua bisa diasuransikan, tapi setidaknya ada dua jenis asuransi. Yakni, asuransi jiwa dan asuransi kesehatan.

Bagi kaum muda, kedua jenis perlindungan ini sering diabaikan karena mereka merasa risiko sakit dan kematian tidak terlalu tinggi. Perlindungan dan kesehatan mental mungkin dianggap sebagai kebutuhan bagi kelompok usia dewasa yang sudah menikah. Tentu anggapan ini salah karena tidak ada yang bisa memprediksi risiko sakit atau meninggal.

Jadi ketika berbicara asuransi mana yang lebih penting, jawabannya adalah bahwa baik pembelian asuransi jiwa maupun pembelian asuransi kesehatan sama pentingnya. Namun, jika Anda masih dalam situasi di mana Anda perlu memprioritaskan premi yang dibayarkan, Anda dapat mempertimbangkan opsi berdasarkan panduan berikut:

Baca Juga: Asuransi Jiwa Merupakan Wujud Cinta Untuk Keluarga

Asuransi jiwa wajib untuk penerima

Asuransi jiwa dan perlindungan jiwa bukan tentang kematian. Sebaliknya, ini tentang bagaimana keluarga dapat melanjutkan hidup mereka setelah kematian pencari nafkah. Misalnya, ayah yang menghidupi keluarga meninggal. Insiden itu secara otomatis menutup sumber keuangan keluarga yang ditinggalkan. Dengan asuransi jiwa, Anda dapat meminimalkan dampak tersebut dengan membayar jaminan (UP) yang merupakan pembayaran ekonomi bagi keluarga yang ditinggalkan untuk melanjutkan hidup.

Baca Juga: 5 Alasan Asuransi Jiwa Sangat Penting Bagi Anda dan Keluarga

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang asuransi jiwa:

Asuransi jiwa memiliki berbagai jenis perlindungan yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda, seperti asuransi jiwa berjangka, asuransi jiwa seumur hidup, dan asuransi dwiguna.
Jumlah pertanggungan (UP) dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda, dan jumlah pertanggungan (UP) pada saat tertanggung meninggal dunia akan menjadi tunjangan ahli waris.
Asuransi jiwa dapat disertai dengan perlindungan tambahan (rider) seperti perlindungan kesehatan atau dilengkapi dengan fitur investasi
Jika Anda tidak menyertakan asuransi tambahan seperti perlindungan kesehatan, Anda tidak akan bisa merasakan langsung manfaat asuransi jiwa selama tertanggung masih hidup.
Jika Anda tidak menambahkan perlindungan tambahan (rider) seperti pembebasan premi, premi asuransi jiwa tetap harus dibayarkan meskipun pemegang polis sedang menghadapi kesulitan keuangan.

Baca Juga: Jenis asuransi jiwa yang harus Anda ketahui

Semua orang membutuhkan asuransi kesehatan

Menurut survei Willis Tower Watson dalam Global Health Care Trends Survey Report 2020, inflasi belanja layanan kesehatan di Indonesia pada 2019 naik hampir 10% year-on-year dan diproyeksikan akan terus tumbuh. Dengan mengambil asuransi kesehatan, Anda dapat hidup dengan tenang, sehingga Anda dapat berkonsentrasi pada penyembuhan tanpa khawatir akan gejolak keuangan yang disebabkan oleh biaya pengobatan yang melonjak.

Sejak tahun 2014, masyarakat Indonesia telah memperkenalkan sistem jaminan sosial di bidang kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Namun, mengingat bahwa biaya pengobatan cenderung meningkat, merupakan keputusan yang bijaksana untuk mengambil asuransi pribadi.

Baca Juga: Manfaat, Jenis dan Tips Memilih Asuransi yang Benar

Inilah yang perlu Anda ketahui tentang asuransi kesehatan:

Ada banyak jenis asuransi kesehatan dan perlindungan kesehatan yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Yaitu, penggantian manfaat rumah sakit atau biaya pengobatan, dan rencana kas rumah sakit atau perlindungan kesehatan untuk menutupi pendapatan yang hilang selama sakit.
Sebagian besar perlindungan kesehatan menawarkan sistem penagihan tanpa uang tunai dengan kartu, sehingga Anda tidak perlu repot untuk mendanai perawatan saat Anda membutuhkan layanan medis segera.
Perlindungan kesehatan memungkinkan Anda untuk berobat secara pribadi, nyaman dan cepat dari fasilitas medis luar negeri tanpa antrian atau birokrasi yang rumit.
Perlindungan kesehatan memberikan manfaat pelayanan rawat jalan, rawat inap, bedah, dan kebidanan.
Besarnya premi perlindungan kesehatan tergantung pada usia tertanggung, status kesehatan, dan cakupan manfaat perlindungan. Oleh karena itu, waktu yang paling ideal untuk mendapatkan asuransi kesehatan adalah saat Anda masih muda dan sehat.

Baca Juga: Layanan dan Penyedia Asuransi Kecelakaan Terbaik Di Indonesia

Penting untuk memiliki asuransi jiwa dan asuransi kesehatan

Namun, jika Anda harus memilih salah satu terlebih dahulu, apalagi jika Anda tidak memiliki perlindungan yang cukup dari tempat kerja Anda, Anda bisa membeli asuransi kesehatan terlebih dahulu. Dengan melengkapi kebutuhan akan perlindungan, Anda dapat menjaga stabilitas keuangan pribadi Anda dari guncangan pengeluaran yang tidak terduga. Sekarang, semangat asuransi!

Baca Juga: 5 Penyedia Asuransi Pensiun Di Indonesia, Persiapkan Jaminan Hari Tua Anda Sekarang Juga

Check Also

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia Dimasa yang penuh ketidakpastian ini, asuransi menjadi …