Ingin Mulai Investasi Emas? Pilih Perhiasan Emas atau Batangan

Ini adalah fakta yang terkenal bahwa emas adalah salah satu bentuk investasi yang paling populer dan sangat diminati di semua bidang masyarakat. Harga yang cukup stabil dan cenderung naik menjadi salah satu alasan utama banyak orang berinvestasi emas.

Emas seolah menjadi daya tarik tersendiri dalam dunia investasi, sehingga peminat investasi tidak akan sepi sepanjang tahun. Jika Anda salah satu yang ingin berinvestasi emas, Anda pasti paham bahwa investasi ini umumnya dilakukan dalam bentuk emas permata atau emas batangan.

Kedua jenis emas tersebut tentunya memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing, dan Anda bisa memilih jenis emas yang paling cocok untuk investasi Anda. Pilihan jenis emas ini memiliki dampak yang signifikan terhadap nilai investasi masa depan. Hal ini sangat penting untuk dipertimbangkan sejak awal dan Anda dapat memaksimalkan keberhasilan investasi Anda.

Kebanyakan orang tentu merasa lebih tepat dan menguntungkan untuk berinvestasi di emas batangan. Namun jika Anda memperhatikan penampilan Anda dan senang menggunakan perhiasan, Anda mungkin akan lebih tertarik untuk berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan emas. Ini sangat tergantung pada niat Anda dan posisi keuangan yang Anda miliki.

Baik emas berbentuk perhiasan maupun emas berbentuk batangan menawarkan nilai yang berbeda untuk investasi yang Anda lakukan. Sebelum memilih satu dari dua, pertimbangkan hal berikut:

BACA JUGA : Investasi emas papan atas dalam situasi krisis, ini buktinya!

1. Tentukan tujuan investasi Anda

Hal pertama yang perlu kita pahami adalah tujuan dari berinvestasi emas itu sendiri. Hal ini untuk mencegah Anda membuat pilihan yang salah dan tidak menghasilkan keuntungan maksimal di masa depan.

Jika tujuan investasi Anda cukup panjang, kami sarankan untuk berinvestasi dalam emas batangan. Hal ini dikarenakan emas bentuk ini memiliki nilai jual yang lebih stabil dibandingkan dengan emas berbentuk permata yang bisa mengikuti tren.

Perhiasan emas dengan bentuk yang sangat kompleks dapat menghabiskan banyak biaya produksi yang mahal, tetapi jika perhiasan tersebut dijual beberapa tahun kemudian, jumlah biaya produksi yang dikeluarkan tidak akan dihitung berdasarkan harga jual. ..

2. Ketahui harga emas terbaru di pasaran

Juga, ketika berinvestasi dalam logam mulia ini, perhatikan harga emas yang berlaku di pasar. Jika harga bergejolak dan cenderung berfluktuasi selama beberapa minggu terakhir, Anda harus menunda niat Anda untuk melakukan investasi.

Jangan biarkan emas berinvestasi saat harga sedang meroket. Ini berisiko menyebabkan kerugian di masa depan jika Anda mencoba menjual kembali emas kapan saja, terutama saat harga jatuh di pasar. Cek harga emas hari ini di sini.

3. Pilih tempat yang aman untuk membeli emas

Hal ini sangat penting untuk diperhatikan, terutama saat membeli emas dalam bentuk logam mulia atau permata. Jangan sampai mereka membeli emas palsu atau dengan level yang tidak sesuai dengan harga yang Anda bayarkan. Pastikan membeli emas di toko/lokasi emas terpercaya.

Emas batangan
Berinvestasi dalam bentuk batangan emas tentunya menjadi salah satu yang paling banyak dipilih hingga saat ini, hal ini tentunya menjadi pertimbangan tersendiri bagi Anda untuk investasi yang Anda lakukan nantinya. Emas batangan dianggap sebagai bentuk investasi yang ideal dalam jangka panjang karena harga jual kembali yang tinggi dan stabilitasnya.

Kemurnian emas batangan juga lebih terjamin karena sertifikat termasuk nomor ID, berat, ukuran dan tingkat grade dilampirkan pada setiap pembelian. Tentunya hal ini menjadi pertimbangan tersendiri saat memilih investasi ini. Karena jumlah yang Anda keluarkan lebih aman dan Anda dapat berinvestasi dengan percaya diri.

Namun, tidak semua orang dapat dengan mudah berinvestasi dalam bentuk emas batangan ini. Khususnya, harga emas naik setiap hari.

Untuk membeli emas batangan dan logam mulia, Anda dapat membelinya melalui layanan penjualan emas batangan resmi seperti PT. Antham dan PT. Pegadaian.

Saat ini emas batangan/logam mulia juga dapat dibeli secara online melalui butik Antam, Pegadaian dan e-commerce. Namun tetap berhati-hati dan jika ingin berinvestasi, belilah emas secara online.

Perhiasan emas
Kebanyakan orang menyukai perhiasan, terutama wanita. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang lebih memilih untuk berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan.

Selain untuk investasi, emas berbentuk permata bisa dijadikan sebagai aksesori untuk menambah nilai penampilan Anda. Emas sangat berharga sehingga paling baik digunakan sebagai perhiasan untuk menunjang penampilannya.

Emas berbentuk permata juga lebih mudah didapatkan daripada emas berbentuk tongkat. Ada banyak toko emas yang menjual emas dalam bentuk perhiasan, tidak hanya di kota-kota besar saja, namun toko-toko ini mudah ditemukan hampir di setiap kecamatan yang jauh dari kota.

Berinvestasi dalam bentuk perhiasan mungkin tidak memberikan keuntungan terbesar, tetapi Anda masih harus melakukan banyak hal hari ini. Namun, selalu berhati-hatilah karena permata emas palsu dapat beredar di pasaran.

Apalagi, tidak semua orang memiliki keahlian untuk mengukur kandungan emas yang dibeli. Untuk melakukan ini, sangat penting untuk mempertimbangkan dengan cermat di mana membeli perhiasan emas dan selalu memeriksa emas apa yang Anda beli sehingga Anda tidak kehilangan banyak uang untuk investasi Anda.

Emas dalam bentuk permata juga dikenakan biaya yang besar. Tidak tanggung-tanggung, total biaya pembuatan ini berkisar antara 10% hingga 20% dari nilai emas itu sendiri. Bahkan, beberapa toko perhiasan ternama tak segan-segan menerapkan banyak biaya produksi di kisaran 30% untuk perhiasan mereka.

Perlu diingat bahwa saat menjual kembali perhiasan emas yang Anda miliki, biaya pembuatan yang dibebankan oleh toko perhiasan tidak dihitung. Ini berarti bahwa toko perhiasan akan membayar sesuai dengan harga jual batu permata emas, yang dihitung hanya berdasarkan berat dan kadar emas dan harga pasar emas saat ini.

Tentu saja, ketika Anda menjualnya kembali, Anda akan kehilangan sebagian uang yang Anda bayarkan untuk biaya pembuatan permata emas yang Anda beli.

Untuk mengatasinya, selalu pertimbangkan untuk memilih jenis perhiasan yang tidak terlalu rumit. Semakin kompleks perhiasan, semakin tinggi biaya pembuatannya.

Jangan sampai Anda membayar banyak biaya pembuatan yang mahal sambil menjual kembali permata dengan harga yang tentunya jauh lebih rendah dari harga beli yang Anda keluarkan beberapa bulan kemudian.

Mulai investasi emas
Hingga saat ini, berinvestasi dalam bentuk emas masih menjadi salah satu bentuk investasi yang paling disukai oleh semua kalangan masyarakat. Baik Anda berinvestasi emas batangan atau emas permata, keduanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Jika Anda memiliki cukup uang dan ingin melakukan investasi jangka panjang, emas batangan layak menjadi pilihan Anda. Apapun investasi emas yang Anda pilih, sangat penting untuk memperhatikan tujuan utama dari investasi itu sendiri agar Anda bisa memaksimalkan keuntungan dari investasi ini di masa depan.

Check Also

Mau Tahu Isi Chat Pasanganmu? Yuk Pakai Aplikasi Ini!

Jika anda ingin menggunakan Aplikasi ini silahkan anda klik tombol INSTAL, BUKA, DOWNLOAD atau DAFTAR …