Manfaat, Jenis dan Tips Memilih Asuransi yang Benar

Manfaat, Jenis dan Tips Memilih Asuransi yang Benar

Apakah kamu adalah seorang pemula yang baru saja bekerja dan masih kebingungan untuk memilih asuransi yang tepat? Mungkin artikel tips memilih asuransi yang tepat berikut ini bisa membantu kamu. Namun, sebelum itu, kita kenalan dulu, yuk, dengan seluk-beluk produk asuransi berikut ini!

Apa yang Dimaksud Dengan Asuransi?

Menurut definisi asuransi yang disampaikan oleh Otoritas Jasa Keuangan, asuransi memiliki arti yaitu ”Perjanjian antara penanggung dan tertanggung, yang mewajibkan tertanggung membayar sejumlah premi untuk memberikan penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, kematian, atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, yang mungkin akan diderita karena suatu peristiwa yang tidak terduga (insurance).”

Kemudian, pengertian asuransi menurut situs kamus.tokopedia.com asuransi adalah “Sebuah perjanjian antara dua orang atau lebih di mana pihak tertanggung membayarkan iuran/kontribusi/premi untuk mendapat penggantian atas risiko kerugian, kerusakan, atau kehilangan, yang dapat terjadi akibat peristiwa yang tidak terduga. Istilah asuransi sendiri berasal dari bahasa Inggris, yaitu “insurance” dan bahasa Belanda, assurantie atau verzekering.”

Berdasarkan dari dua definisi tersebut, bisa dikatakan bahwa asuransi merupakan isi perjanjian antara dua pihak, yang disebut sebagai tertanggung dan penanggung. Menurut perjanjian ini, tertanggung diwajibkan untuk membayar sejumlah biaya yang disebut premi. 

Kedepannya, pihak  perusahaan asuransi yang disebut penanggung akan bertanggung jawab untuk memberikan penggantian kepada penanggung atas risiko kerusakan atau kematian yang dialami tertanggung melalui premi yang telah dibayarkan sebelumnya.

Baca Juga: Tiga Alasan Orang Tua Memiliki Asuransi Pendidikan Anak Usia Dini Penting

Manfaat Memiliki Asuransi

Tak diragukan lagi, manfaat asuransi terbilang sangat baik untuk individu maupun untuk keluarga, antara lain: 

  • Meminimalkan risiko kerugian

Memiliki asuransi dapat meminimalkan risiko kerugian yang dialami akibat kehilangan atau kerusakan yang terjadi di masa depan, misalnya kerugian karena biaya untuk pengobatan atau kecelakaan.

  • Membantu kamu mengatur penghasilan 

Memiliki asuransi sejatinya sama dengan kita menabung untuk melindungi diri di masa depan. Dengan memiliki asuransi, kita belajar untuk mengatur penghasilan kita. Lebih lanjut, cashflow harian mu tidak akan terganggu karena kamu sudah menyisihkan sebagian gaji kamu untuk membayar premi asuransi.

  • Memberikan rasa tenang dalam diri

Jika seseorang menderita sakit sampai harus dirawat di rumah sakit, biaya pengobatannya biasanya tidak sedikit. Jika dilihat secara psikologis, memiliki asuransi dapat memberikan rasa tenang kepada tertanggung karena biaya perawatan rumah sakitnya dicover oleh asuransi sehingga tertanggung bisa fokus memulihkan dirinya agar segera produktif kembali.

Baca Juga: Asuransi Jiwa Merupakan Wujud Cinta Untuk Keluarga

Jenis-jenis Asuransi yang Bisa Dipilih

Ada begitu banyak jenis produk asuransi yang umum dijumpai di Indonesia. Setelah mengetahui manfaat memiliki asuransi, berikut ini merupakan jenis-jenis asuransi yang umum beredar di Indonesia:

  • Asuransi kesehatan

Asuransi kesehatan berfokus untuk memberikan manfaat kesehatan karena beberapa jenis penyakit, misalnya penyakit kritis, cedera, dan kecelakaan. Biaya yang dicover oleh asuransi kesehatan, antara lain biaya operasi dan rawat inap.

  • Asuransi jiwa

Jenis asuransi kedua yang umum dijumpai di Indonesia adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa berperan sebagai perlindungan untuk keluarga tertanggung jika suatu hari tertanggung meninggal dunia. Nantinya, keluarga pemegang polis akan menerima santunan uang pertanggungan dari asuransi jiwa.

  • Asuransi pensiun

Asuransi pensiun ditujukan untuk menyiapkan dana hari tua. Asuransi pensiun bertujuan untuk menjamin kondisi finansial seseorang ketika sudah memasuki usia non-produktif. 

Saat seseorang sudah memasuki masa pensiun, pemegang polis bisa menerima dana pensiun yang telah dikumpulkan sebelumnya. Namun, jika pemegang polis memilih produk asuransi pensiun yang  digabungkan dengan asuransi jiwa, keluarga pemegang polis bisa mengklaim dana pensiun tersebut jika pemegang polisnya meninggal dunia.

  • Asuransi pendidikan

Biaya pendidikan yang semakin tinggi setiap tahunnya membuat orang tua kini banyak yang memiliki asuransi pendidikan. Asuransi pendidikan hadir untuk menjamin biaya pendidikan anak.  Asuransi pendidikan juga membantu orangtua untuk mengantisipasi biaya pendidikan yang setiap tahun terus meningkat.

  • Asuransi umum

Asuransi umum dikategorikan sebagai asuransi yang menawarkan manfaat lain selain yang berhubungan dengan kehidupan dan kematian, misalnya penggantian akibat kerusakan atau kehilangan. Contoh asuransi umum, antara lain asuransi kendaraan, kepemilikan rumah, gawai, asuransi sosial, dan lain-lain. Asuransi umum biasanya memiliki jangka waktu yang pendek

  • Asuransi kepemilikan properti

Jenis asuransi satu ini berfungsi untuk melindungi aset properti dari kerusakan dan kehilangan, serta memberikan keringanan jika aset properti tersebut mengalami dari musibah.

  • Asuransi kendaraan

Asuransi kendaraan memberikan proteksi untuk kendaraan bermotor. Asuransi kendaraan dapat juga membayar kehilangan atau kerusakan kendaraan bermotor tertanggung.

Baca Juga: Mana yang lebih dulu: beli asuransi jiwa atau asuransi kesehatan?

Tips Memilih Asuransi yang Benar 

Setelah kita kenalan dengan manfaat dan jenis-jenis asuransi yang beredar di Indonesia, kini saatnya kita simak tips memilih produk asuransi. Berikut ini ada 5 tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih asuransi terbaik:

  • Cermati terlebih dulu kebutuhan kamu

Hal pertama yang bisa kamu lakukan untuk memilih asuransi yang tepat adalah dengan memahami kebutuhanmu. Misalnya apakah kamu punya aset properti yang perlu diproteksi dengan asuransi kepemilikan properti? 

Atau kamu butuh proteksi untuk melindungi diri dan yang bisa mengakomodir biaya perawatan rumah sakit sehingga butuh asuransi kesehatan dan asuransi jiwa? Dengan memahami kebutuhan kamu, kamu bisa mengidentifikasi produk asuransi yang tepat.

  • Segera beli asuransi di usia muda

Banyak orang yang berpikir karena usianya masih muda sehingga tidak merasa perlu membeli produk asuransi. Padahal dengan memiliki asuransi sedini mungkin, kamu tidak perlu khawatir mengenai besaran premi yang harus dibayarkan karena semakin muda, biaya premi yang kamu bayar akan semakin terjangkau. 

Ingat, semakin tua kamu memiliki asuransi, biaya premi yang dibayarkan akan semakin tinggi karena risiko yang dialami oleh lansia juga semakin besar.

  • Perhatikan juga kondisi finansial kamu

Tips berikutnya dalam memilih asuransi yang tepat adalah dengan mempertimbangkan kondisi finansial. Idealnya, sisihkan sekitar 10%-20% dari penghasilan untuk membayar premi asuransi.

  • Bandingkan dengan beberapa penyedia asuransi lainnya

Jangan hanya mengamati survei satu penyedia asuransi saja. Lakukan juga survei terhadap beberapa produk asuransi serupa yang disediakan oleh perusahaan asuransi lainnya. Perhatikan besaran biaya yang harus dikeluarkan dengan manfaat yang diberikan.

  • Cek rekam jejak perusahaan asuransi yang kamu incar

Untuk Menjamin dana kamu berada di tangan yang tepat, sebaiknya cek juga kondisi keuangan yang dimiliki perusahaan asuransi ini. Cek juga kredibilitas yang dimiliki perusahaan asuransi ini melalui review atau testimoni yang bertebaran di internet. Pastikan lembaga asuransi yang tuju terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

  • Pelajari ketentuan polis dan besaran premi yang harus dibayarkan

Sehubungan dengan poin sebelumnya untuk membandingkan produk asuransi satu dengan lainnya, jangan lupa untuk mempelajari ketentuan polis dan besaran premi yang harus dibayarkan dengan cermat. 

Pastikan kembali manfaat yang ditawarkan benar-benar sesuai dengan yang kamu butuhkan. Jangan sampai terjebak membayar premi dengan manfaat yang tidak kamu butuhkan.

  • Pilih asuransi dengan klaim yang mudah

Pilih asuransi yang memiliki kemudahan dalam mengklaim layanannya. Hal ini penting untuk memastikan kita dapat mengakses fasilitas yang ditawarkan produk asuransi dengan maksimal. 

Asuransi merupakan elemen penting untuk memberikan proteksi terhadap hidupmu dan keluarga di masa depan. Asuransi juga memiliki peranan penting untuk meminimalkan terjadinya risiko yang berat di masa depan dan memberikan ketenangan di dalam diri sehingga kamu bisa berfokus untuk menjadi produktif.

Itu dia tadi sejumlah tips yang bisa kamu terapkan untuk memilih asuransi terbaik. Semoga tips-tips memilih asuransi berikut bisa membantumu memiliki asuransi terbaik yang dapat memberikan manfaat maksimal untuk kamu dan keluarga.

Baca Juga: 5 Alasan Asuransi Jiwa Sangat Penting Bagi Anda dan Keluarga

 

Check Also

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia Dimasa yang penuh ketidakpastian ini, asuransi menjadi …