Layanan dan Penyedia Asuransi Kecelakaan Terbaik Di Indonesia

Layanan dan Penyedia Asuransi Kecelakaan Terbaik Di Indonesia

Aktivitas dan beban pekerjaan yang tinggi menghadapkan pekerja dengan segala bentuk risiko kecelakaan. Tak dapat dihindari, berbagai bentuk risiko kecelakaan selalu ada di depan mata, baik di tempat kerja maupun dalam perjalanan menuju tempat kerja. Inilah pentingnya untuk mempertimbangkan memiliki asuransi kecelakaan kerja. 

Keuntungan memiliki asuransi kecelakaan kerja tidak hanya berpengaruh untuk tenaga kerja tapi juga kepada keluarganya. Sebelum mengetahui lebih lanjut soal penyedia asuransi kecelakaan kerja, yuk, kita kenalan dengan seluk-beluk asuransi kecelakaan kerja lewat ulasan berikut ini!

Definisi Asuransi Kecelakaan Kerja

Asuransi kecelakaan kerja termasuk ke dalam kelompok asuransi kecelakaan. Asuransi kecelakaan kerja adalah sebuah produk asuransi yang dirancang sebagai bentuk proteksi kepada pemegang polis yang mengalami musibah kecelakaan saat menjalankan pekerjaannya sehingga harus mendapat perawatan di rumah sakit. Proteksi diberikan dalam bentuk dana yang telah dibayarkan sebelumnya oleh tertanggung atau yang disebut juga dengan premi asuransi.

Baca Juga: 5 Penyedia Asuransi Pensiun Di Indonesia, Persiapkan Jaminan Hari Tua Anda Sekarang Juga

Tujuan Asuransi Kecelakaan Kerja

Tujuan asuransi kecelakaan kerja adalah untuk memberikan proteksi kepada tenaga kerja terhadap risiko kecelakaan yang terjadi di area kerja. Selain itu, asuransi kecelakaan kerja juga dapat mengurangi dampak kerugian yang dialami keluarga tertanggung. Terakhir, asuransi kecelakaan kerja mampu memberikan rasa aman kepada tertanggung dan keluarganya.

Risiko yang Ditanggung Dalam Asuransi Kecelakaan Kerja

Beberapa risiko dan biaya yang ditanggung oleh asuransi kecelakaan kerja, di antaranya risiko cacat, baik total maupun sebagian, risiko meninggal dunia, biaya perawatan medis di rumah sakit, pertanggungan biaya ambulance, dan pertanggungan biaya pengurusan dokumen kematian.

Baca Juga: Manfaat, Jenis dan Tips Memilih Asuransi yang Benar

Siapa yang Perlu Memiliki Asuransi Kecelakaan Kerja?

Asuransi kecelakaan kerja diperlukan oleh tenaga kerja yang memiliki risiko pekerjaan tinggi, sebagai upaya untuk memproteksi diri dan keluarganya. Risiko pekerjaan tinggi banyak dialami oleh pekerja lapangan yang dihadapkan dengan tantangan dalam pekerjaannya.

Lalu, Apa Bedanya Asuransi Kecelakaan Kerja dan Asuransi Kesehatan?

Jika dilihat sekilas, asuransi kecelakaan kerja dan asuransi kesehatan menawarkan manfaat yang cukup mirip, yakni sama-sama menjamin biaya perawatan akibat kecelakaan. 

Namun, yang membedakan asuransi kecelakaan kerja dengan asuransi kesehatan adalah cakupan proteksinya. Asuransi kecelakaan kerja menjamin biaya perawatan akibat kecelakaan yang dialami di tempat kerja dan saat perjalanan menuju ke tempat kerja. Sedangkan, asuransi kesehatan mengcover lebih banyak jenis perawatan yang di luar dari kecelakaan. 

Baca Juga: Jenis asuransi jiwa yang harus Anda ketahui

Manfaat yang Dirasakan Saat Memiliki Asuransi Kecelakaan Kerja

Ketika kamu memiliki asuransi kecelakaan kerja, kamu pasti akan merasakan beberapa manfaat berikut ini, diantaranya pengcoveran biaya perawatan di rumah sakit, santunan untuk keluarga yang ditinggalkan oleh tertanggung, santunan untuk risiko cacat tetap dan cacat tidak tetap, serta tanggungan fasilitas kesehatan sebagai pendukung untuk menuju kesembuhan tertanggung.

Jadi, manfaat dari asuransi kecelakaan kerja ini tidak hanya dapat dirasakan oleh pemegang polis, tapi juga keluarga dari pemegang polis itu sendiri. 

Tips Memilih Asuransi Kecelakaan Kerja terbaik yang Perlu Kamu Tahu

Memilih asuransi kecelakaan kerja merupakan hal yang cukup menantang karena menyangkut kondisimu di pekerjaan serta keluarga yang mungkin mengandalkanmu sebagai pencari nafkah utama. 

Ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui saat akan memilih asuransi kecelakaan kerja. Yuk, simak tipsnya berikut ini supaya kamu bisa merasakan manfaat yang optimal dari asuransi kecelakaan kerja yang kamu miliki:

  • Pilih asuransi kecelakaan kerja yang sesuai dengan kebutuhan kamu

Memilih asuransi kecelakaan kerja yang Sesuai dengan kebutuhan adalah hal yang paling penting agar manfaat asuransi ini bisa dirasakan dengan maksimal. Pastikan kamu baca baik-baik ketentuan  polis dan premi supaya kamu tidak terbebani dengan 

  • Pilih asuransi kecelakaan kerja yang proses klaimnya mudah

Proses pengajuan klaim yang dianggap sulit menyebabkan banyak orang tidak tertarik memiliki asuransi. Maka dari itu, perlu dicek proses pengajuan klaim asuransi kecelakaan ini karena ini merupakan momen yang terdesak dan perlu bantuan finansial sesegera mungkin.

  • Agen asuransi yang aktif

Pilihlah asuransi kecelakaan kerja dengan agen asuransi yang aktif. Agen asuransi yang aktif dapat membantu kamu mengetahui detail asuransi yang kamu milik dan mendampingi proses pengajuan klaim ketika kecelakaan terjadi.

  • Pastikan perusahaan asuransi incaranmu memiliki reputasi yang baik

Langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk memilih asuransi kecelakaan kerja adalah dengan memperhatikan reputasi perusahaan asuransi yang kamu incar. Reputasi perusahaan asuransi yang baik dapat memberikan pelayanan yang maksimal dan rasa aman kepada calon pemegang polis. Kamu bisa mengecek reputasi perusahaan asuransi dengan melihat situs Otoritas Jasa Keuangan dan membaca testimoni dari para pemegang polis lainnya.

  • Bandingkan produk asuransi kecelakaan kerja yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi lainnya

Hal terakhir yang perlu kamu lakukan agar kamu mendapatkan asuransi kecelakaan kerja terbaik adalah dengan membandingkan produk asuransi yang ditawarkan oleh beberapa perusahaan asuransi dari segi premi, benefit, dan waktu tunggunya. Lalu, apakah dengan biaya premi sekian itu sepadan dengan benefit yang ditawarkan. Hal ini bertujuan agar kamu dan keluarga mendapatkan perlindungan yang maksimal.

Baca Juga: 5 Alasan Asuransi Jiwa Sangat Penting Bagi Anda dan Keluarga

Penyedia Asuransi Kecelakaan Kerja

Pada dasarnya, setiap pekerja telah mendapat perlindungan dari kecelakaan kerja dengan program JKK (Jaminan Kecelakaan Kerja) yang dikeluarkan oleh BPJS Ketenagakerjaan. 

Namun, jika kamu mempertimbangkan ingin memiliki asuransi kecelakaan kerja, mungkin beberapa penyedia asuransi kecelakaan kerja berikut ini bisa kamu jadikan referensi untuk melengkapi proteksi diri yang disediakan oleh JKK-BPJS Ketenagakerjaan. Berikut ini adalah rekomendasi penyedianya:

  • Simas Jiwa Siji Secure 1

Perusahaan asuransi Simas mengeluarkan produk asuransi kecelakaan kerja bernama Simas Jiwa Siji Secure 1 dengan premi mulai dari Rp 284.000 per tahun. Dengan premi itu, tertanggung dapat merasakan manfaat berupa santunan meninggal dunia sebesar Rp 200 juta dan bisa mengajukan double claim.

  • Adira Proteku Basic

Asuransi kecelakaan kerja keluaran perusahaan Adira ini menawarkan biaya premi yang cukup terjangkau, yaitu sekitar Rp100 ribu per tahun. Manfaat yang bisa dirasakan dari Adira Proteku Basic ini adalah santunan cacat tetap dan meninggal dunia sebesar Rp20 juta, santunan untuk menanggung risiko kebakaran Rp5 juta. Terakhir, ada santunan untuk menanggung risiko pencurian di rumah sebesar Rp1 juta.

  • Allianz personal care

Program asuransi kecelakaan kerja keluaran perusahaan asuransi asal Jerman ini menawarkan beberapa benefit, seperti pertanggungan biaya medis akibat kecelakaan sebesar Rp 5 juta, santunan cacat tetap atau meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar Rp50 juta, dan santunan rawat inap sejumlah Rp 75 ribu per hari dengan premi per tahunnya sebesar Rp400 ribu.

  • Cigna Proteksi Diri Ekstra

Rekomendasi asuransi kecelakaan kerja berikutnya, yaitu Cigna Proteksi Diri Ekstra. Asuransi kecelakaan kerja dari Cigna memiliki premi mulai dari Rp 205 ribu per bulan. Manfaat yang ditawarkan, antara lain diskon premi tahunan 10 persen, pertanggungan biaya mobil ambulans, santunan cacat tetap dan meninggal dunia akibat kecelakaan mencapai Rp1 miliar. 

  • ACA Asuransiku

ACA Asuransiku memiliki sistem pembelian produk asuransi yang unik karena produk asuransi kecelakaan kerja ini hadir dengan bentuk voucher yang bisa didapatkan di Pegadaian. Untuk jumlah santunannya, ACA Asuransiku memberikan tanggungan sebesar Rp30 juta bagi keluarga tertanggung yang meninggal dunia atau yang mengalami cacat tetap. Preminya cukup terjangkau, yakni mulai dari Rp 50 ribu per tahun.

  • BRI Life Acci Care

Asuransi BRI Life Acci Care menawarkan manfaat santunan meninggal dunia, cacat tetap sebagian dan total hingga Rp1 miliar. Lebih lanjut, tidak ada masa tunggu yang diperlukan untuk mengklaim manfaat asuransi kecelakaan kerja ini.

  • BCA Life b-SAVE Accident Protection

Dengan premi mulai dari Rp 188,5 ribu per bulan, asuransi BCA Life b-SAVE Accident Protection dapat mengcover beragam kecelakaan, termasuk kecelakaan pesawat. Manfaat pertanggungan yang akan diterima, antara lain santunan meninggal dunia akibat kecelakaan sebesar Rp200 juta, pertanggungan biaya perawatan di rumah sakit karena kecelakaan sebesar Rp2 juta per tahunnya.

Baca Juga: Mana yang lebih dulu: beli asuransi jiwa atau asuransi kesehatan?

Kesimpulan 

Terbukti bahwa asuransi kecelakaan kerja memiliki benefit yang dapat melindungi para pekerja dari risiko kecelakaan dengan memberikan dana pertanggungan biaya medis di rumah sakit dan ganti rugi untuk keluarga tertanggung apabila tertanggung meninggal dunia.

Bisa dikatakan, keuntungan dan perlindungan yang ditawarkan asuransi kecelakaan kerja tidak terbatas hanya dirasakan oleh pekerja itu sendiri tapi juga oleh keluarganya. Ayo saatnya lengkapi proteksi diri kamu dengan asuransi kecelakaan kerja yang disediakan oleh penyedia asuransi kecelakaan kerja di atas!

Baca Juga: Asuransi Jiwa Merupakan Wujud Cinta Untuk Keluarga

Check Also

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia

Mengenal Produk Asuransi Syariah yang Ada Di Indonesia Dimasa yang penuh ketidakpastian ini, asuransi menjadi …