Dapatkan Pemahaman yang Lebih Baik Tentang Apa Itu Hosting dan Jenis-Jenisnya Disini!

Ada beberapa definisi hosting, tetapi hosting hanyalah layanan untuk menyimpan data, gambar, dan file di situs web Anda.

Istilah ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda bukan? Hosting tentunya sudah menjadi salah satu yang sudah dipahami, terutama bagi Anda sebagai penggiat teknologi.

Namun, jika Anda baru mengenal istilah hosting dan tertarik dengan istilah hosting yang satu ini, Glints memberikan penjelasannya di sini.

Definisi hosting

Definisi hosting dari Hostinger adalah layanan online yang memungkinkan pengguna untuk mempublikasikan situs web atau aplikasi web di Internet.

Jadi ketika Anda mendaftar untuk mencoba layanan hosting, pada dasarnya Anda menyewa ruang server fisik yang digunakan untuk menyimpan semua data Anda.

Data ini sangat penting dan diperlukan agar situs web Anda berfungsi dengan baik.

Di sisi lain, definisi Techopedia tentang hosting adalah layanan yang menyediakan sumber daya penyimpanan dan komputasi bagi individu atau organisasi untuk mengoordinasikan dan memelihara situs web.

Hal ini sangat penting dalam mengembangkan peran internet hosting. Anda tidak dapat membangun situs web yang bagus tanpa hosting.

Hosting sendiri sering disamakan dengan domain. Padahal, kedua hal tersebut sangat berbeda, meski sama-sama penting bagi website Anda.

Hosting dan domain saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Namun, Anda perlu menyadari perbedaan utama antara hosting dan domain.

Ini bukan domain jika hosting adalah layanan yang memungkinkan pengguna untuk menyimpan data yang berguna di situs web mereka.

Pasalnya, domain merupakan alamat website yang memudahkan pencarian di Internet. Contoh domain antara lain .com, .id, dan .org.

Pemula WP menyederhanakannya dengan mengatakan bahwa domain adalah alamat rumah, sedangkan hosting seperti rumah.

Mekanisme hosting

Setelah Anda memahami definisi hosting dan perbedaan antara hosting dan domain, mari kita telusuri cara kerjanya.

Saat Anda mencoba membuat situs web, mungkin Anda hanya berpikir untuk mencari nama domain yang menarik. Namun, pada kenyataannya, ada hal lain yang perlu Anda lakukan untuk menemukan layanan hosting Anda.

Perusahaan layanan hosting menyediakan ruang server untuk menyimpan semua aset dan data situs web Anda.

Jadi ketika seseorang menulis nama domain situs web di browser, host mengirimkan semua file yang dibutuhkan pengguna untuk mengakses situs web.

Penggunaan hosting ini hampir sama seperti saat menyewa rumah.

Tentunya Anda harus membayar sewa bulanan atau tahunan agar bisa menempati rumah Anda dengan nyaman.

Demikian pula, Anda dapat menyewa layanan hosting. Jika Anda membayar sewa secara teratur, Anda dapat dengan mudah mengakses server kapan saja sehingga situs web berfungsi dengan baik dan tidak terganggu.

Jenis-jenis web hosting

Tentu saja, ketika berencana membangun situs web, Anda harus terlebih dahulu memahami cara kerja definisi dan hosting.

Selain itu, Anda perlu mengetahui jenis hosting yang biasanya ditawarkan oleh penyedia layanan web hosting.

Jadi Anda bisa menentukan jenis layanan hosting yang sesuai dengan kebutuhan Anda tanpa salah memilih.

Laporan dari Balance SMB, berikut jenis-jenis hosting yang perlu Anda ketahui.

1. Hosting bersama

Jenis hosting ini sangat populer dan paling sering digunakan. Pengguna pemula sangat dianjurkan untuk menggunakan jenis hosting ini.

Hosting bersama tentu sangat cocok untuk situs web baru dengan lalu lintas rendah. Harganya juga cukup murah, jadi tidak berat di kantong.

Namun, shared hosting mengharuskan Anda untuk berbagi server dengan orang lain. Oleh karena itu, lalu lintas yang padat dari situs web pengguna lain dapat memengaruhi kinerja situs web.

2. Hosting berbasis cloud

Hosting berbasis cloud mengacu pada teknologi hosting yang cukup baru. Salah satu terobosannya adalah memungkinkan ratusan server bekerja sama seperti satu server raksasa.

Jenis hosting ini menjadi incaran banyak orang karena tidak menyebabkan downtime. Faktanya, masalah server tidak memengaruhi situs web Anda.

3. Hosting VPS

VPS atau server pribadi virtual adalah jenis hosting berikutnya yang perlu Anda ketahui. Hosting ini memiliki banyak keunggulan menarik yang membuatnya diminati banyak pengguna.

Salah satu manfaatnya adalah pengguna bisa mendapatkan ruang server khusus.

Oleh karena itu, peningkatan lalu lintas yang signifikan untuk situs web lain di server yang sama tidak akan memengaruhi situs web Anda.

4. Hosting WordPress

Hosting WordPress adalah jenis lain dari shared hosting, terutama untuk pengguna situs WordPress.

Jenis hosting ini memberi pengguna layanan seperti memperbarui instalasi WordPress mereka untuk melindungi situs web mereka dari ancaman keamanan peretas.

Jenis hosting ini juga sangat terjangkau dan cocok untuk pemula. Selain itu, WordPress mudah digunakan, jadi disarankan untuk pemula.

Sekarang, inilah cara memutuskan jenis hosting yang tepat untuk Anda.

Oleh karena itu, penjelasan tentang hosting dan definisi jenisnya perlu Anda ketahui.

Jika Anda masih tertarik dengan topik hosting, Anda dapat berbicara langsung dengan pakar di komunitas Glints.

Di sana Anda akan menemukan berbagai topik dengan diskusi dan tanya jawab seputar dunia kerja dan pengembangan karir bersama sesama pengguna Glints. Hasilnya, Anda akan menemukan banyak informasi berguna untuk komunitas Glints.

Jangan ragu lagi, daftar akun sekarang!

Check Also

Faktor-Faktor Penting Wajib Untuk Pelajari Dari Hosting

Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap …