Pengertian Hosting Yang Harus Anda Ketahui

Memahami hosting

Jadi apa yang dimaksud dengan hosting “web hosting”? Pengertian hosting adalah sebuah layanan yang berperan sebagai tempat menyimpan semua “database” website anda agar dapat diakses melalui internet. Dalam hal ini, data tersebut dapat berupa dokumen, gambar, video, email, aplikasi, dan lain sebagainya.

Sebagian orang menjelaskan pengertian hosting sebagai tempat menyimpan berbagai kebutuhan sebuah website agar dapat diakses secara online atau melalui internet. Artinya, agar website Anda bisa online dan bisa diakses dari mana saja, Anda perlu menyimpan data website Anda di lokasi khusus, yaitu hosting Anda.

Hosting dapat diibaratkan seperti kios yang disewakan di mall dengan berbagai ukuran dan spesifikasi tertentu. Penyedia hosting menawarkan berbagai paket hosting tergantung kebutuhan website penyewa. Semakin besar/kompleks data dan traffic di website Anda, maka semakin tinggi pula spesifikasi hosting yang dibutuhkan.

Fungsi hosting

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, fungsi utama dari hosting adalah sebagai tempat untuk menyimpan database website Anda sehingga Anda dapat mengaksesnya dari mana saja melalui Internet. Beberapa fitur hostingnya adalah:

1. Di mana menyimpan data

Fungsi utama web hosting adalah sebagai tempat menyimpan berbagai data dan properti website sehingga dapat diakses melalui internet. Tempat penyimpanan data memungkinkan pemilik website menyediakan berbagai data yang dibutuhkan pengunjung website.

2. Sebagai alamat akses data website

Fitur hosting selanjutnya adalah mengarahkan akses situs dari DNS “domain name server” tertentu. Jadi, misalnya, sebuah situs dengan domain website.com terdaftar di DNS tertentu. Untuk dapat mengakses situs Anda, Anda perlu menghubungkan domain Anda ke hosting Anda sehingga server penyedia domain Anda dapat mengakses hosting Anda di mana database situs Anda disimpan.

3. Jaga agar situs web Anda tetap online

Fitur hosting ini sangat penting, terutama untuk website yang banyak diakses untuk keperluan layanan umum dan bisnis. Agar website Anda tetap online, hosting yang digunakan harus memiliki jaminan uptime yang tinggi dari penyedia hosting Anda.

Jenis-jenis web hosting

Pada dasarnya, hosting terdiri dari berbagai jenis dan spesifikasi tergantung kebutuhan pengguna. Melihat definisi hosting di atas, ada beberapa jenis hosting:

1. Hosting bersama

Shared hosting adalah jenis layanan web hosting yang memiliki beberapa situs web di satu server. Jenis hosting ini umumnya lebih murah daripada hosting lain, kecuali spesifikasi “RAM dan CPU” yang rendah, tetapi server digunakan oleh banyak pengguna atau pemilik situs web. Jenis hosting ini biasanya digunakan oleh para blogger dan pemilik website yang memiliki traffic website yang rendah.

2. Hosting VPS

VPS hosting adalah singkatan dari Virtual Private Server, mesin virtual yang digunakan untuk meng-host situs web. VPS pada dasarnya mirip dengan shared hosting, namun VPS memiliki kelebihan tersendiri. Artinya, lebih banyak sumber daya dan teknologi virtualisasi. Server pribadi virtual sangat cocok untuk digunakan oleh blogger dan pemilik situs web dengan situs web dengan lalu lintas tinggi.

3. Hosting khusus

Dedicated hosting adalah jenis layanan hosting yang menyediakan server yang digunakan hanya oleh satu akun website. Artinya, satu server didedikasikan untuk melayani hanya satu klien atau satu situs web.

Jenis hosting ini sangat ideal untuk blogger dan pemilik situs web yang memiliki banyak lalu lintas. Selain meningkatkan kinerja situs web, hosting khusus digunakan hanya oleh satu klien, memberikan privasi yang lebih aman.

4. Hosting awan

Cloud hosting adalah jenis hosting dengan teknologi terkini yang memanfaatkan teknologi cloud computing “cloud”. Karena cloud hosting menggunakan banyak server yang tersebar di banyak lokasi di berbagai negara, situs web dalam proses hosting ini cenderung memiliki proses pemuatan yang lebih cepat, lebih stabil, dan lebih aman. ada.

Oleh karena itu, pembahasan tentang hosting adalah – pengertian, risalah, fitur, dan jenisnya. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi Anda. Terima kasih telah berkunjung.

Check Also

Faktor-Faktor Penting Wajib Untuk Pelajari Dari Hosting

Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap Whatsapp Download Aplikasi Sadap …